<
Minggu, 20 Oktober 2019, WIB
Breaking News

Kamis, 19 Sep 2019, 17:40:45 WIB, 49 View TPR, Kategori : Blog

Taman Wisata Punti Kayu yang Menakjubkan

Satu-satunya hutan yang ada di jantung kota Palembang, ibu kota provinsi Sumatera Selatan ini yaitu Taman Wisata Punti Kayu. Luasnya mencapai kurang lebih 12 hektar, menjadi jantung kota yang di dalamnya tumbuh tanaman didominasikan oleh tanaman jenis pinus. Punti Kayu menjadi suatu tempat liburan favorit yang juga tak kalah ramai dikunjungi warga kota Palembang. Pengunjung akan meningkat drastis saat akhir pekan dan hari-hari libur lainnya.

Untuk menunjang kegiatan wisata di area hutan tersebut, pengelola juga membangun beberapa wahana wisata. Wahana yang dibangun diantaranya yaitu : jembatan gantung, perahu naga, perahu bebek, outbound training, kebun binatang, kanopi bridge dan flying fox.

Di lokasi tersebut pengunjung juga dapat menggunakan perahu naga untuk menelusuri rawa hutan. Perjalanan perahu itu akan berakhir di Danau Punti Kayu yang di sekitarnya ditumbuhi oleh pohon pinus. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat sekumpulan kera ekor panjang dan burung-burung langka yang hinggap di pohon-pohonan. Selain itu juga tidak lepas dari areal tempat bermain anak yakni ada kebun binatang. Di dalam areal kebun binatang tersebut, terdapat bermacam-macam koleksi binatang, diantaranya yaitu : buaya, elang, beruang madu, orang utan, owa dan 25 jenis satwa liar lainnya.

Pengunjung juga bisa mengelilingi wisata tersebut dengan menunggang kuda atau gajah yang tersedia dengan track yang telah ditentukan. punti kayu cocok sekali untuk lokasi wisata keluarga, karena dengan lahan yang lapang dan teduh akan menjadikan media mengakrabkan antar angota keluarga.

Lokasi Punti Kayu

Lokasi Taman Wisata Punti Kayu Palembang berada di Jalan Kolonel Haji Burlian 6,5 km, Palembang, Sumatera Selatan.

Rute Menuju Punti Kayu

Untuk sampai ke tempat wisata Punti Kayu, pengunjung bisa menggunakan angkutan umum seperti trans musi, taksi, bus kota ataupun ojek. Selain itu, bagi pengunjung yang ingin membawa kendaraan pribadi, setelah melewati kawasan km 5 ambil jalur pelan yang di sebelah kiri jalan supaya mudah menemukan lokasi hutan wisata tersebut dan tidak menepi mendadak ketika sudah sampai tujuan.

Jam Buka Punti Kayu

Untuk jam buka setiap hari yaitu mulai pukul 09.00 sampai 16.00. Berbagai jenis wahana yang ada di hutan kota tersebut bisa kalian nikmati dari pagi hingga sore hari.

 

Tiket Punti Kayu

Bagi wisatawan yang berkunjung ke taman ini akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk beda ya berdasarkan usia pengunjung dan hari kunjungannya. Pada hari biasa untuk dewasa dikenakan biaya seharga Rp 10.000 dan anak-anak seharga Rp 5.000. Sedangkan pada akhir pekan dan hari libur untuk dewasa dikenakan biaya seharga Rp 12.500 dan anak-anak juga sama seharga Rp 12.500. Selain itu, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi atau sewa mobil dll yang diparkir disana juga dikenakan biaya parkir untuk mobil sebesar Rp.12.000 dan untuk motor Rp.6.000.

Fasilitas Wisata Punti Kayu

Taman Wisata Alam Punti Kayu telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang mendukung untuk kenyamanan para pengunjung. Disana tersedia banyak kursi taman yang terbuat dari kayu bagi pengunjung yang ingin bersantai. Disetiap sudut pun telah dibangun menjadi area untuk membuat pengunjung merasa nyaman dan betah berada disini.

Aktivitas Menarik di Punti Kayu

Sebagai taman wisata alam, berbagai fasilitas di Punti Kayu telah didesain untuk membuat para pengujung nyaman dan betah berada di lokasi ini. Berikut ada beberapa daya tarik wisata yang membuat Punti Kayu layak untuk dikunjungi, diantaranya :

Piknik

Salah satu hal paling nikmat yang bisa kalian lakukan di taman Punti Kayu adalah Piknik bersama teman ataupun keluarga. Bisa menggelar tikar di bawah teduhnya pohon pinus sambil menikmati bekal yang dibawa sungguh akan terasa nikmat untuk dilakukan di taman ini. Panasnya Kota Palembang seakan sirna karena dihalangi oleh teduhnya suasana taman. Selain itu, di sekitar taman juga ada beberapa gazebo. Gazebo-gazebo yang berada di beberapa sudut taman juga sangat tepat dijadikan sebagai tempat makan-makan bersama keluarga.

Jembatan Gantung

Berjalan di atas jembatan beton itu sudah suatu hal biasa. Namun bagaimana jika kalian mencoba berjalan di atas jembatan gantung, pasti akan dirasakan sebuah sensasi baru yang sedikit menegangkan namun menyenangkan. Taman kota ini memiliki wahana jembatan gantung antara pucuk pohon atau disebut dengan canopy bridge dan jembatan ini membentang tepat di atas danau.

Berjalan dengan menyusuri canopy bridge menjadi aktifitas yang sangat menyenangkan, karena dapat memberikan sensasi baru tersendiri. Danau yang terhampar di bawah jembatan tersebut juga merupakan tempat hilir mudik bagi wahana perahu bebek, perahu naga dan juga sepeda air yang dapat disewa oleh para pengunjung.

Kid Water Park

Bagi para pengunjung yang membawa anak-anak, lokasi ini juga menyediakan sumber kegembiraan untuk mereka. Wisata Punti Kayu tersebut telah menyiapkan wahana air yang menyegarkan. Sebuah water boom yang tersedia di tempat tersebut sangat cocok bagi wisatawan bersama keluarga terutama dengan anak-anaknya.

Kerosotan lingkar

salah satu fasilitas Water boom ini dilengkapi dengan sebuah seluncur air putar. Pada seluncur air tersebut para pengunjung akan menikmati sensasi berputar dalam pipa seluncur. Kemudian mendarat di permukaan kolam dengan kedalaman 1,5 meter.

Arena Bermain

Beberapa permainan yang bisa kalian nikmati di lokasi ini yaitu tersedia bianglala, ayunan dan komedi putar. Beragama peralatan permainan dikembangkan dengan memperhatikan faktor keselamatan anak, sehingga para orang tua bisa nyaman untuk melepaskan anak-anaknya bermain di berbagai fasilitas yang ada. Dan arena bermain ini dibuka pada hari Minggu saja.

Menunggang Kuda Dan Gajah

menaiki gajah di punti kayu akan didampingi oleh pawang berpengalaman. Kalau di Kota Palembang sangat sulit untuk bisa melihat seekor kuda. Hewan yang sejak zaman dahulu sering membantu manusia dalam kegiatan sehari-hari itu dapat disaksikan di Taman Wisata Punti Kayu Palembang. Bukan hanya melihat, anak-anak juga ada berkesempatan untuk mencoba menunggang kuda. Kegiatan seperti ini juga bisa dilakukan pada hari Minggu saja.

Outbound

Outbound adalah salah satu pilihan bagi orang tua nih yang ingin memberikan sebuah pengalaman berharga untuk anak-anaknya supaya bisa memotivasi diri. Salah satu bentuk motivasi dirinya yaitu anak harus didorong untuk melawan rasa takut terhadap ketinggian. Fasilitas outbound ini merupakan sarana yang tepat untuk mencapai tujuan tersbut. Salah satu fasilitasnya yaitu flaying fox. Flaying Fox adalah salah satu wahana untuk memberikan pengalaman melawan rasa takut pada anak anak.

Kebun Binatang Mini

Dengan adanya kebun binatang mini di Taman Wisata Punti Kayu ini pastinya semakin melengkapi aktivitas liburan kalian. Di dalam areal kebun binatang juga terdapat berbagai macam binatang. Koleksi binatang di kebun binatang ini seperti buaya, beruang madu, elang, orang utandan 25 jenis satwa liar lainnya.

 

Spot Foto

Untuk memenuhi para pengunjung yang hobi berfoto dan selfie-selfir, disini juga terdapat sejumlah Replika Landmark Keajaiban Dunia serta replika bangunan-bangunan menarik lainnya. Contohnya seperti replika Patung Liberty,  Menara Pisa, Menara Eifel, Pyramida Mesir, Big Ben London, Kincir Angin di Belanda, Opera Sidney, Red Telephone Box dan banyak lagi lainnya. Spot unik tersebut menjadi salah satu favorit wisatawan untuk berfoto dan berpose bersama teman, keluarga ataupun sendiri.

Itulah beberapa informasi tentang Taman Wisata Punti Kayu yang dapat kami paparkan. Jika kalian ingin mengunjungi wisata tersebut, bisa juga nih sewa rental mobil palembang, agar perjalanan kalian lebih nyaman dan gak bingung untuk mencari lokasinya. Yuk langsung hubungi admin rental mobil palembang.



Taman Wisata Punti Kayu yang Menakjubkan
Kamis, 19 Sep 2019, 17:40:45 WIB, Dibaca : 49 Kali
Keindahan Wisata Bukit Siguntang di Palembang
Kamis, 19 Sep 2019, 10:54:55 WIB, Dibaca : 30 Kali
Wisata Kota Palembang
Kamis, 19 Sep 2019, 10:46:56 WIB, Dibaca : 35 Kali

Tuliskan Komentar