<
Minggu, 20 Oktober 2019, WIB
Breaking News

Kamis, 19 Sep 2019, 10:46:56 WIB, 34 View TPR, Kategori : Blog

Wisata Pulau Kemaro yang Wajib Anda Kunjungi

Dengan banyaknya kesibukan dalam sehari-hari, tentu ingin jalan-jalan menikmati indahnya alam, entah itu sendiri ataupun bersama teman dan keluarga. Dipalembang ada sebuah wisata yang indah yang bisa kalian kunjungi, yaitu pulau kemaro. Ingin tahu apa itu pulau kemaro? Silahkan simak artikel berikut.

Pulau kemaro merupakan salah satu objek wisata yang wajib dikunjungi ketika anda berkunjung ke kota Palembang atau kota pempek ini. Letaknya juga tidak jauh dari Jembatan Ampera Ikon dari kota palembang ini dan lebih tepatnya lagi masih terletak di delta Sungai Musi. Nama Pulau Kemaro sendiri diberikan oleh para penduduk setempat karena tempat ini selalu kering dan tidak pernah berair bahkan ketika air pasang.

Bagi para etnis Cina lokal yang tinggal di kota Palembang Pulau Kemaro adalah tempat yang sangat spesial. Hal ini dikarenakan di pulau ini, terdapat pagoda dan kuil-kuil yang menjadi bukti sejarah keberadaan dari etnis cina di negeri sriwijaya ini. Selain itu pulau ini juga sangat berkaitan erat dengan sebuah legenda yang mengatakan bahwa tempat ini muncul sebagai bukti cinta Putri Siti Fatimah (putri Raja Sriwijaya) dengan kekasihnya.  Mungkin Kisahnya mirip dengan Romeo dan Juliet.

Legenda Yang Ada Di Pulau Kemaro Palembang

Legenda ini dimulai pada akhir abad ke-14 ketika ada seorang pangeran dari Cina yang bernama Tan Bu An datang ke Palembang untuk belajar. Setelah ia tinggal disana selama beberapa waktu, ia jatuh cinta dengan seorang putri yang bernama Siti Fatimah. Kemudian dia datang ke istana untuk melamarnya. Orangtua Siti Fatimah memberikan persetujuan namun neniliki satu syarat untuk Tan Bu An tepati, yaitu Tan Bu An harus memberikan hadiah. Setelah itu Tan Bu An mengutus para bawahannya untuk kembali ke China dan meminta sebuah hadiah dari ayahnya untuk diberikan kepada Raja. Setelah itu, utusan itu pun kembali dengan membawa sayuran dan buah-buahan. Tan Bu An terkejut dan marah karena ia berharap bahwa ayahnya akan memberikan guci Cina, keramik serta uang.

Akhirnya ia melemparkan muatan kapal tersebut ke Sungai Musi, dirinya tidak tahu jika sebenarnya ayahnya menaruh uang di dalam sayuran dan buah-buahan tersebut. Karena ia malu setelah mengetahui kesalahan yang ia perbuat, akhirnya ia mengumpulkan apa yang telah dibuangnya ke sungai dan Tan Bu An tidak pernah kembali lagi karena dirinya tenggelam bersama dengan sayuran dan buah-buahan itu.

Ketika Siti Fatimah mendengar tentang kejadian tersebut, dia pun berlari ke sungai dan menenggelamkan dirinya untuk mengikuti sang kekasih. Namun sebelum itu, dia meninggalkan sebuah pesan: "Jika kamu melihat sebuah pohon yang tumbuh di sebidang tanah di mana aku tenggelam, maka ini akan menjadi pohon cinta kita".

Kemudian sang putri tenggelam dan setelah itu sebidang tanah muncul di permukaan sungai. Masyarakat setempat pun percaya bahwa hal tersebut adalah makam pasangan kekasih. Oleh karena itu, mereka semua menyebutnya Pulau Kemaro yang artinya meskipun air pasang di Sungai Musi, pulau tersebut akan selalu kering.

Etnis Tionghoa setempat juga percaya bahwa nenek moyang mereka yang bernama Tan Bun An tinggal di pulau ini. Oleh karena itu, daerah tersebut selalu ramai ketika Tahun Baru Cina. Pada tahun 2006, pagoda dibangun untuk tempat ibadah dan untuk acara lainnya. Pagoda ini mempunyai 9 tingkatan. Masyrakaat lokal menjadikan pulau kemaro sebagai destinasi wisata yang cukup unik dan eksis, apalagi untuk kalangan para remaja lokal. Hal tersebut dikarenakan adanya sebuah pohon yang dipercayai dapat membuat suatu hubungan menjadi langgeng. Pohon tersebut juga diberi nama pohon cinta oleh masyarakat lokal.

Cara Menuju ke Pulau Kemaro di Palembang

Pulau Kemaro ini terletak di kota Palembang, Sumatera Selatan. Perjalanan untuk menuju ke Palembang, kalian bisa mengambil penerbangan ke bandara internasional Sultan Mahmud Badaruddin II yang letaknya di jalan Tanjung Api-Api. Bandara ini bahkan juga dapat diakses dari berbagai negara yaitu seperti Malaysia, Singapura, Cina serta Thailand. Jarak antara bandara dan Sungai Musi yaitu sekitar 6 km. Kalian bisa naik alat transportasi seperti gojek, taksi atau mobil sewaan dari bandara.

Bagi kalian yang ingin memesan jasa layanan ojek online dipersilahkan karena sudah tersedia di kota palembang seperti grab maupun gojek untuk menuju ke pusat kota. Atau bisa juga memakai jasa mobil, jika ingin jasa mobil yang berkualitas silahkan pesan di Rental Mobil Palembang. Selain harga sesuai kantong, kualitas barang dan pelayanan juga dijamin terbaik.

Ada sekitar 9 sarana transportasi publik termasuk 7 bus kota dari berbagai tujuan yang dapat membawa kalian ke Ampera dengan biaya seharga Rp5.000 di Pusat Kotanya. Bisa juga menggunakan angkot, dan untuk rute perjalanan angkot dapat kalian lihat terlebih dahulu agar tidak tersesat.

Dari Pasar 16 ataupun benteng kuto besak kalian bisa menggunakan perahu atau menyewa perahu cepat atau juga ketek yang akan memakan waktu sekitar 30 menit dari Jembatan Ampera menuju pulau kemarau tersebut. Harga untuk sewa perahu motor sekitar Rp150.000 pulang pergi. Dan harganya pun dapat berubah sewaktu-waktu.

Jika kalian pandai dalam menawar harga, pasti bisa mendapatkan harga sewa perahu yang lebih murah. Dalam satu perahu motor bisa mengangkut kurang lebih 10 orang. Sambil menunggu keberangkatan tersebut, kalian dapat menikmati kuliner makanan yang ada di sepanjang sungai musi ini dengan rasa yang beragam dan lezat-lezat atau bisa juga belanja terlebih dahulu.

Selama dalam perjalanan kalian dapat menikmati pemandangan yang ada disekitar. Jangan lupa, yang terpenting abadikan momen dan kenangan kalian. Apalagi di saat berada dalam perahu atau ketek dengan backgroud jembatan ampera dibelakang kalian, pasti akan terlihat sangat indah.

Hal yang harus diperhatikan ketika kalian berkunjung kepulau kemaro Palembang

1. Memakai topi dan kacamata hitam akan membuat Anda merasa lebih nyaman saat berada dibawah terik matahari

2. Silahkan bisa mencoba makanan yang enak yang terdapat di pulau kemarao ini. Namun, jika ingin lebih menghemat bisa membawa bekal dari rumah masing-masing.

3. Alangkah baiknya wisatawan membawa payung untuk berjaga-jaga ketika hujan turun.

4. Di Pulau Kemaro itu sendiri tidak ada mesin ATM, jadi lebih baik membawa uang tunai secukupnya untuk bertransaksi atau hanya sekedar beli minuman untuk melepaskan dahaga di salah satu warung sederhana yang ada di pulau tersebut.

5. Lebih seru lagi jika ke pulau kemarao ini bersama-sama keluarga, teman ataupun orang-orang tersayang.

6. Dipulau kemarao sarana tempat diskusi atau family gathering bagus dan nyaman. Jadi baik untuk komunitas ataupun organisasi.

7. Dan yang paling penting adalah membawa kamera, abadikan momen berharga kalian bersama orang-orang tyersayang dan jangan lupa buanglah sampah pada tempatnya.

Itulah beberapa informasi tentang wisata pulau kemaro yang ada di kota palembang sumatera selatan. Jika kalian ingin mengunjungi dan tidak tahu arahnya, silahkan bisa hubungi admin mobil rental mobil palembang yang siap melayani dan mengantarkan kalian ke tempat yang kalian inginkan.



Taman Wisata Punti Kayu yang Menakjubkan
Kamis, 19 Sep 2019, 17:40:45 WIB, Dibaca : 49 Kali
Keindahan Wisata Bukit Siguntang di Palembang
Kamis, 19 Sep 2019, 10:54:55 WIB, Dibaca : 30 Kali
Wisata Kota Palembang
Kamis, 19 Sep 2019, 10:46:56 WIB, Dibaca : 34 Kali

Tuliskan Komentar